Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
Pasukan Penjaga Kebersihan
 
Setelah sketsa yang saya buat untuk WTC (Waste To Charcoal) Mobile Unit akhir pekan lalu https://lnkd.in/gy_5-W53 , muncul perbagai ide aplikasinya dari sejumlah kalangan. Diantaranya adalah ide untuk memanfaatkannya untuk membangun Pasukan Penjaga Kebersihan (PPK) yang tangguh dan yang paling penting solutif.
Bila PPK ini diterjunkan di pantai wisata misalnya, mereka akan menjaga pantai kita tetap bersih dan tidak perlu mengangkut sampah kemana-mana. Sampah langsung diproses in-situ, in-time - di tempat kemunculannya pada saat dia muncul. Sampah langsung berubah menjadi arang.
Minimal ada 3 manfaat dari unit WTC (Waste To Charcoal) ini bagi PPK, pertama sampah langsung menyusut menjadi sekitar 1/3 dari volume sampah semula. Kedua, sampah menjadi tidak berbau dan tidak mengundang lalat/penyakit - karena tidak lagi muncul aroma yang digemari lalat. Dan yang ketiga paling menarik, sampah yang semula liability - tidak ada yang mau diberi sampah, kini menjadi aset yang laku dijual.
Satu contoh aplikasi WTC untuk PPK ini, bisa menjadi inspirasi untuk perbagai ide aplikasi lainnya. Dijual terpisah antara WTC dan SUV-nya tentu saja!