Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Talking Cars

Beberapa tahun lalu ada film populer yang sampai dibuat beberapa seri, judulnya Cars - bercerita tentang mobil-mobil yang bisa berbicara. Kalau saja si pembuat film dapat mennggunakannya untuk kampanye lingkungan, pentingnya menghadirkan Net-Zero Emission - maka popularitas firm Cars tersebut akan dapat meng-akaselerasi pemahaman masyarakat akan makna green car yang sesungguhnya - kendaraan yang berdampak hijau pada lingkungan.

Asumsi kebanyakan orang mobil listrik-lah yang paling hijau, maka kalau ini yang berlaku - hanya yang mampu membeli mobil listrik-lah yang bisa berkontribusi pada perbaikan lingkungan. Padahal apapun mobil yang Anda miliki - dia bisa hijau bila diberi bahan bakar yang carbon neutral.



Memproduksi dan mempopulerkan mobil listrik adalah baik dan perlu - karena seluruh efforts untuk perbaikan lingkungan memang harus dilakukan, tetapi ada hal lain yang lebih do-able secara masif yang seharusnya juga dilakukan, yaitu memperkenalkan bahan bakar yang bener-bener hijau.

International Energy Agency (IEA) menyebutnya Drop-in biofuels - bahan bakar bio yang sepenuhnya bisa langsung dipakai di kendaraan-kendaraan yang ada tanpa perubahan apapun, Jadi masyarakat tidak perlu buru-buru membeli mobil listrik, karena inipun bisa menjadi pemborosan - karena mobil yang lama tidak dihancurkan alias tetap dipakai - tambah pula mobil listrik.

Bahkan penggunaan mobil-mobil tua selama mungkin itulah yang akan menghemat sumber daya di muka bumi, karena yang perlu diganti menjadi hijau bukan mobilnya hanya bahan bakarnya saja. Sebaliknya mengganti mobil dengan mobil listrik sekalipun, dia tidak otomatis hijau - bila infrastruktur perlistrikan kita masih mengandalkan fosil.

Maka dengarkan ketika mobil-mobil ini berbicara, kita akan paham apa yang akan membuatnya hijau!.