Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Road 2 Mecca White Paper

Bila Anda adalah warga negeri ini yang merindukan untuk pergi berhaji, tetapi antrian itu untuk Jakarta lebih dari setengah abad, dan bahkan sebagian daerah lain di Indonesia ada yang mendekatai seabad - apa yang Anda akan lakukan? Dua pilihannya, pasrah dengan realita yang ada - atau berpikir dan berjuang keras untuk bisa ada jalan lain untuk pergi berhaji. Kami memilih jalan kedua, dan inilah esensi dari Road 2 Mecca (RTM) itu.

RTM ini intinya aalah pemanfaatan teknologi terkini untuk menggali jalan lain dalam berhaji. Seluruh teknologi yang ada kita kerahkan mulai dari blockchain, digital twin, metaverse, web3 , virtual/augmented reality sampai teknologi bahan bakar karena ujungnya kita akan pergi berhaji secara fisik bukan virtual.

RTM ini akan melayani setidaknya lima fungsi. Pertama fungsi edukasi untuk mengenalkan ke generasi berikutnya bahwa perjalanan bersusah payah yang diijinkan itu hanya menuju ke 3 masjid yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha.



Bahkan kita harus mengajarkan ke anak cucu kita dari dini untuk tahu rute perjalanan darat ke Mekah, karena ada suatu peristiwa akhir zaman yang nanti generasi yang mengalami itu harus menuju ke sana meskipun harus merangkak di bukit salju. Saat itu bisa jadi tidak ada lagi google map dan sejenisnya, lantas dengan apa mereka bisa sampai kesana ? Inilah fungsinya teknologi ketika dia masih ada - antara lain untuk edukasi.

Fungsi kedua RTM adalah untuk simulasi dan perencanaan, perjalanan yang penuh tantangan ini harus disimulasikan dan direncanakan sebaik mungkin untuk menekan resiko dan meningkatkan peluang keberhasilan. Fungsi ketiga untu pengelolaan sumberdaya - agar semua yang dibutuhkan untuk suksesnya perjalanan ini terorganisir dengan rapi.

Fungsi keempat adalah untuk saling mengenal dengan bangsa -bangsa lain dan saling memberi manfaat melalui muamalah dengan mereka. Ada dua istilah di Al-Qur'an untuk ini yaitu lita'arofu (QS 49:13) dan liyashadu manafi'a lahum (QS 22:28). Adapun fungsi kelima adalah memelihara niat untuk melaksanakan rukun Islam yang ke 5 dan memaksimalkan ikhtiar, setidaknya ini memberi peluang untuk bisa berhaji lebih cepat ketimbang hanya menunggu setengah abad.

Bagi yang ingin terlibat dalam project yang melibatkan komunitas masyarakat sepanjang jalan dari rumah kita ke Mekah ini, kami sudah siapkan buku putih atau white paper-nya, dan dapat diminta melalu email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau untuk mendaftar melalui : https://docs.google.com/.../1FAIpQLSeCqLyXYqp.../viewform...