Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

T-Shirt Language For Sustainability

Era Net-Zero Emission akan membawa peluang berbagai sumber energi baru yang dikembangkan secara Democratized, Distributed dan Disruptive (3D). Berbada dengan era energi fosil dimana sumbernya terkonsentrasi di negara/daerah tertentu, era renewable dan carbon neutral sumbernya melimpah dan menyebar dimana-mana.

Kita yang ada di negara tropis agraris seperti Indonesia, yang melimpah itu biomassa karena apa saja bisa tumbuh di sini. Hal yang sama tidak bisa dinikmati oleh saudara-saadara kita di MENA (Middle East and North Africa) misalnya, tetapi mereka masih memiliki sinar matahari yang melimpah dan akses air laut - maka solusi mereka bisa bertumpu pada dua hal ini, Hydrogen dan Ammonia yang diproduksi dari air laut dan sinar matahari.



Apapun bentuknya, Pencipta kita sudah membaginya secara adil - yang terbaik untuk masing-masing kita. Hanya saja kita perlu berikhtiar maksimal untuk menyongsong solusi yang paling sesuai untuk kita tersebut, dan ini tidak bisa dilakukan dengan efektif bila kita sendirian. Komunitas, jama'ah dan ecosystem yang saing menunjang bisa menjadi jalan untuk percepatan kemandirian energi bersih ini.

Salah satu ecosystem itu adalah 'esse' yang dalam bahasa Corsica berarti 'menjadi' atau 'to be' (to be new energy) - karena apa saja memang bisa menjadi energi. Melalui kaos oblong (T-Shirt) ini kami ingin melakukan literasi energi secara global, bahwa emisi bisa dikurangi dengan cepat, arus perubahan iklim bisa direm dan kehidupan di muka bumi masih bisa diperbaiki.

Gerakan ini bersifat global, tetapi kita di Indonesia bisa berperan maksimal karena sumber daya alam kita yang memang sangat menunjang. Bahkan dari T-Shirt yang ada di foto ini, bila Anda jeli akan melihat salah satunya pasti dari dan untuk Indonesia. Karena negeri ini harus bisa memimpin dunia dalam aksi penyelematannya dari kerusakan-kerusakan alam sebagai dampak perubahan iklim.