Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Transisi (Hijrah) Energi : Dari BBM Ke BBB

Sebagai salah satu agenda KTT G20 di Bali akhir tahun ini, dimana Indonesia yang diamanahi untuk memimpin, Indonesia sebenarnya juga sangat berpeluang untuk memimpin arah transisi energi dunia.

Bukan hanya karena kita yang ketiban peran untuk memimpin sidang, tetapi segala sumber daya untuk transisi energi itu ada di negeri ini. Bahkan sumber daya terbaik yaitu sumber daya hayati itu paling melimpah di negeri ini.

Kalau kita mau hijrah dari ketergantungan pada BBM (Bahan Bakar Minyak) yang selain cadangannya terus menyusut, selagi masih adapun harus ditekan penggunaannya karena emisi CO2-nya, apa pengganti BBM yang ideal?



Penggantinya harus bisa langsung digunakan pada seluruh jenis kendaraan, mesin-mesin, kapal terbang dan pesawat yang diproduksi sekarang dan tetap akan ada hingga 50 tahun kedepan setidaknya. Penggantinya harus renewable dan mutlak harus carbon neutral karena inilah alasan kita ingin berhijrah dari BBM fosil yang mencemari.

Maka kita hanya akan ketemu satu solusi yang bisa memenuhi tiga syarat tersebut, karena solusi lain seperti matahari, geothermal, angin, ombak, pasang surut dlsb. hanya memenuhi dua dari tiga syarat yaitu renewable dan carbon neutral, sedang syarat pertamanya justru tidak terpenuhi.

Solusi yang memenuhi ketiga syarat tersebut saya sebut BBB (Bahan Bakar Bio) terjemahan dari bshasa Inggris biofuel! BBB ini bisa berupa minyak nabati yang melalui satu langkah TCat (Thermo Catalytic) proses saja sudah menjadi Bio-Hydrocarbon, perfect candidate untuk pengganti BBM Hydrocarbon dari fosil.

Atau bila minyak nabati tidak ada atau tidak cukup, seluruh jenis biomasa lignoselulosa - yaitu semua yang tumbuh di muka bumi! dapat pula dikonversikan menjadi Bio-Hydricarbon, hanya dia perlu dua langkah. Pertama dijadikan Bio-Oil melalui pirolisa atau melalui likuifaksi, baru kemudian di up-grade melalui TCat untuk menjadi Bio-Hydrocarbon murni.

Dari sini kita bisa melihat bahwa transisi energi itu mudah, ada atau tidak ada KTT G20, kita insyaAllah dimudahkanNya untuk hijrah energi ini, semudah mengganti satu huruf saja, yaitu dari M ke B, dari BBM ke BBB! InsyaAllah semua teknologi dan referensi untuk ini ada di kami bagi yang sudah mau berhijrah!