Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

CocoShell Bio-Refinery

Ketika Siti Hajar berlari-lari mencari seteguk air untuk bayinya Ismail, dia berlari-larinya antara bukit Safa dan Marwa. Kita yang pernah ke sana tahu, bahwa Allah memberinya bukan seteguk air, tetapi mata air yang akan cukup hingga akhir zaman - meskipun setiap hari sepanjang tahun (24/7/365) tidak terhitung jumlah orang yang meminumnya. Dan mata air zamzam tidak berada di jalur Sofa dan Marwa. Apa pelajarannya?

Terus berikhtiar sekuat tenaga itu perlu bahkan untuk sekelas istri Nabi dan juga ibu seorang Nabi- Siti Hajar. Masalah diberi hasilnya di luar jalur yang kita upayakan, dan dalam jumlah yang tidak bisa dihitung - itulah karakter dari pemberianNya, asalnya tidak bisa diduga, jumlahnya tidak bisa dihitung.



Maka semua yang ada di sekitar kita, harus kita ikhtiarkan maksimal untuk mengolahnya. Tidak membuangnya sia-sia dan tidak menyerahkan ke orang lain begitu saja.

Inilah diantara values yang harus kita kembangkan untuk pengelolaan kekayaan bumi kita. Kita mengira meng-ekspor lumpur, pasir dlsb. padahal orang lain mencari logam mulia, rare earth dan material berharga lainnya dari ekspor bahan dasar kita.

Produk pertanian-pun demikian, tidak terhitung kelapa jambul glondongan kita ekspor dengan harga murah, padahal dari batok kelapanya saja - kita bisa menambang bahan-bahan yang bernilai tinggi.

Bila batok kelapa dipanaskan pada suhu tinggi, selain arang yang bernilai tinggi, dia juga menghasilkan bio-oil. Tiga komponen utamanya - mewakili sekitar 90% dari bio-oil tersebut, adalah phenol, ethyl ester dan furfural. Ketiganya memiliki nilai tinggi untuk industri farmasi dan pangan, sebagai disinfectant, antiseptic, additive, perasa, antibacterial, antifungal dlsb.

Jadi kalau kita ekspor glondongan kelapa tersebut, kita seperti memberi hadiah ke pihak pengimpor kelapa tersebut berupa ‘sumur zamzam’ - sesuatu yang sangat berharga yang tidak kita bsyangkan sebelumnya.