Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Solusi R & D Untuk Bumi Pertiwi

Ada korelasi langsung antara biaya R & D dengan kemajuan suatu bangsa. Negara -negara maju membelanjakan biaya R & D di kisaran 3% dari GDP-nya. Korea bahkan lebih dari 4.5% GDP untuk R & D ini. Lantas bagaimana kita? Data terakhir yang saya peroleh hanya 0.23%.

Dengan dana yang begitu pas-pasan untuk R & D kita, bagaimana kita bisa mengejar ketinggalan kita dari bangsa-bangsa lain di dunia? InsyaAllah masih bisa, hanya perlu kreativitas yang lebih dari bangsa-bangsa lain yang sudah lebih maju sekalipun.

Termasuk dalam membiayai berbagai gerakan R & D kita ini. Bila negara lain mendanai R & D dengan dana pemerintah, atau oleh korporasi-korporasi raksasa, kita bisa danai R & D kita dengan menggalang dana sosial dari masyarakat luas.



Konsep wakaf misalnya, sudah lebih dari 14 abad digunakan untuk membiayai proyek-proyek monumental yang sangat dibutuhkan umat. Perguruan tinggi, rumah sakit, jalan, saluran air, sumur, kebun dlsb. sudah biasa didanai dengan wakaf. Tinggal satu langkah lagi, memgapa tidak digunakan wakaf pula untuk membudayakan R & D?

Maka inilah yg kami gerakkan di Green Waqf, bersamaan dengan wakaf pohon yang sudah berjalan, kini sudah kita buka pula bagi yang ingin ikut berwakaf di R & D yang terkait. Bahkan untuk yang R & D ini kami siapkan skema yang lebih sesuai dengan sifat R & D itu sendiri.

Hampir semua R & D ini memiliki potensi nilai ekonomi yang tinggi bila berhasil dan dituangkan dalam entitas komersial. Lantas untuk siapa manfaat ini? Tentu utamanya untuk masyarakat luas - karena itulah esensi dari sedekah jariah (wakaf) yang diberi pahala hingga akhir jaman itu.

Namun penerima manfaat wakaf juga bisa sebagian-nya untuk keluarga atau kaum kerabat kita, inilah yang dusebut wakaf musytarak - yaitu kombinasi wakaf untuk kebaikan umum (khairi) dan untuk keluarga (dzurri).

Contoh wakaf musytarak perdana dari Green Waqf adalah untuk pembiayan R & D renewable energy yang hasil R & D ini insyaallah akan siap dikomersilkan tahun ini. Saat itulah sebagian hasil dari wakaf itu bisa dinikmati oleh keluarga/kerabat para pihak yang ikut berwakaf (wakif). Manfaat itu bisa berupa saham atas perusahaan yang teflahir dari R & D yang dibiayai oleh dana wakaf ini, bisa pula berupa green fuels yang diproduksinya.

Inilah cara yang paling memungkinkan untuk melonjakkan dana R & D, tanpa harus menunggu dana pemerintah ataupun donasi korporasi. Semua kita bisa ikut secara nyata berkontribusi dalam mengejar ketinggalan kita.