Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Net-Zero Island: Madura

Meskipun target pencapaian Net-Zero - emisi CO2 yang masih keluar harus diimbangi dengan seraoan yang setara- yang disepakati para pemimpin dunia November tahun lalu masih jauh, yaitu 2050, dampaknya di dunia korporasi dan industri besar akan segera terasa.

Pasalnya industri perbankan dan juga asuransi telah membentut Net-Zero Alloance-nya masing-masing. Layanan global perbankan dan asuransi akan segera mensyaratkan semacam Net-Zero compliance pada pemberian kredit, jaminan dlsb.



Seiring dengan masalahnya, peluangnya juga datang lebih cepat, pulau-pulau kita kecil maupun besar, yang saat ini masih gersang, bisa segera menjadi hijau dan nengundang banyak green investment. Bagaimana bisa?

Dari 17,500-an pulau, saya ambilkan satu pulau yang menurut saya paling berpotensi untuk tumbuh pesat di era Net-Zero ini yaitu Madura, dari sana nanti modelnya bisa ditiru pulau lain.

Madura adalah pulau yang ukurannya sekitar 6x Singapore tetapi hanya dihuni kurang dari 4 juta jiwa. Hampir separuh dari 425,000 ha daratannya saat ini dalam kondisi kritis, kegersangannya dapat kita lihat dari potret Google di bawah.

Tapi justru menanam pohon di daerah yang semula gersang inilah yang di-recognized sebagai Carbon Removal di skema Net-Zero. Kalau 200,000 -an hektar lahan kritis di pulau itu ditanami tamanu, maka ini cukup untuk meng-offset sekitar 75% emisi carbon dari masyarakt dan industri di pulau itu.

Lantas mengapa pohon tamanu yang ditanam? Pertama pohon ini native di pulau tersebut, tumbuh sangat baik di daerah paling gersang sekalipun. Kedua tamanu berpotensi untuk menghadirkan berbagai industri hijau ssperti wellness, phytopharmaceuticals, biofuels, feed, green feedstocks dlsb.

Kedekatan Madura dengan pulau Jawa dan lapangan terbang Juanda, dan dengan penghubung Suromadu-nya, kalau mau bisa segera mendeklarasikan dirinya sebagai Net-Zero island, kemudian membuktikannya dengan kerja nyata, maka dunia akan berbondong-bondong berwisata dan berinvestasi hijau di pulau ini. Konsep detail ada di kami bila dibutuhkan oleh stakeholders terkait.