Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

The Next Growth Area : From Merauke to Marrakesh

Bila Anda perhatikan wilayah dalam peta di bawah, apa kesan pertama Anda? Yang paling mungkin adalah kegersangan. Inilah wilayah hampir separuh bumi, yang dihuni mayoritas muslim di 57 negara yang tergabung dalam Organization of Islamic Countries (OIC), dari Merauke (Indonesia) di tenggara hingga Marrakesh (Maroko) di barat laut.

Wilayah yang menguasai 2/3 cadangan minyak dan gas dunia ini, ironinya sekitar 25% penduduknya yang nyaris mencapai 2 milyar orang hidup di bawah garis kemiskinan. Apa penyebabnya? Secara umum adalah apa yang disebut Human Development Index (HDI) yang rendah.



Tetapi saya melihat di wilayah inilah pertumbuhan ekonomi dunia justru akan terpusat dalam 3 dasawarsa kedepan. Ada 5 faktor yang akan nenjadi pendorongnya :

Petama adalah era SDG 2030 dan Net Zero 2050 akan mendorong dunia menurunkan ketergantungannya pada fosil seperti minyak bumi dan gas. Ekonomi fosil cenderung hanya memakmurkan segelintir orang dan memiskinkan selebihnya. Di era Net-Zero khususnya, carbon removal akan menjadi ekonomi baru yang sangat besar nilainya, dan salah satu yang diperhitungkan sebagai carbon removal adalah menanam pohon di daerah yang semula gersang.

Kedua adalah teknologi informasi dan akses terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin merata, akan meng-akselerasi peningkatan HDI di seluruh dunia.

Ketiga adalah perkembangan teknologi tinggi pertanian yang telah memungkinkan untuk menanam di padang pasir sekalipun. Teknologi kami yang kami sebut Lempung Nano Cair (LNC) misalnya, telah memungkinkan untuk ini.

Keempat adalah adanya spesies tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di seluruh bumi yang semula gersang dan bahkan mati tersebut, tumbuh di air asin sekalipun, baik di negeri tropis maupun subtropis. Salah satu yang kami jagokan adalah Tamanu atau Calophyllum inophyllum. Dia adalah versi sumberdaya terbarukan untuk menggantikan seluruh jenis sumberdaya yang selama ini dari fosil.

Kelima adalah apa yang kami sebut sumberdaya spiritual. Ada jawaban untuk seluruh persoalan kehidupan di Al-Qur’an, bahkan untuk masyarakat super modern ini. Begitu Al-Qur’an dikuasai secara paripurna, akan ada lompatan peradaban yang terjadi seperti di abad-abad silam. Yang relevan untuk jaman ini misalnya, bagaimana menghidupkan bumi yang mati (QS 36:33), Apa pengganti energi fosil ( QS 36:80; 56:71-73) dan seterusnya.

Bahkan Anda yang tertarik untuk bergabung dalam the next growth ini sudah bisa mendaftar dalam program kami di Mastering Al-Qur’an & Al-Hadits pada link berikut : https://lnkd.in/gbwx769f