Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
Sumber energi baru dan terbarukan (EBT) yang sangat besar itu adanya di pelupuk mata kita. Yaitu dari berbagai jenis limbah dan sampah, mulai dari limbah pertanian, perkotaan, industri sampai sampah rumah tangga.
Hanya mindset kita selama ini terfokus ke listrik, karena dia adalah bentuk energi yang bisa langsung kita manfaatkan. Padahal konversi limbah atau sampah ke listrik, efisiensinya hanya mampu memanfaatkan sekitar 30% dari potensi energi yang tersimpan dalam limbah atau sampah tersebut.
Sebenarnya ada peluang lain untuk mengambil energi yang tersimpan di limbah atau sampah tersebut secara lebih efisien - bisa di atas 50%, yaitu antara lain menjadikannya Bio-Hydrogen. BioH2 ini nerupakan energi yang sangat bersih karena limbah pembakarannya berupa air. Dia juga meyimpan energi yang sangat besar, sekitar 2.8 kali lebih besar dari energi yang tersimpan pada BBM dari fosil per satuan berat yang sama.
Proses produksinya juga tidak se-njlimet seperti yang dibayangkan kebanyakan orang, tidak sampai memerlukan sekaliber rocket scientist untuk melakukannya! Dengan reactor seperti pada foto di bawah, yang kami buat beberapa tahun silam misalnya, ini sudah cukup menyelesaikan 4/5 dari pekerjaan produksi BioH2 tersebut.
Hasil dari reaktor ini sudah berupa syngas bersih, isi utamanya CO, H2, CO2 dan CH4. Tinggal satu langkah lagj untuk menjadi BioH2, yaitu memisahkan H2 dari unsur-unsur gas lainnya. Ini bisa dilakukan melalui cryogenic distillation ataupun menggunakan membrane yang banyak dikembangkan para peneliti akhir-akhir ini, beli membrane yang sudah jadipun ada.
Lantas untuk apa BioH2 ini dibuat lha wong belum umum kendaraan yang bisa menggunakannya? Tidak harus untuk kendaraan seperti yang kita pakai sekarang, bisa untuk kendaraan fuel-cells untuk transportasi publik yang sangat bersih misalnya, bisa untuk bahan baku ataupun sumber energi berbagai industri, dan yang ada di pelupuk mata juga adalah untuk proses hydrotreatment atau deoxygenation dalam proses produksi drop-in biofuel, khususnya bila bahan baku yang kita gunakan adalah Bio-oil dari limbah atau sampah juga.
Selain reactor yang sudah pernah kami buat tersebut, jaringan teman-teman peneliti dan inovator di dalam maupun di luar negeri siap membantu Anda yang sudah membutuhkan BioH2 ini, atau sudah bisa melihat peluang yang ada di pelupuk mata.