Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
The Color of MSW- Fuels
 
Kalau sampai krisis energi ini mengenai kita, pasti karena kesalahan kita sendiri. Mengapa demikian? Setiap yang tumbuh diantara langit dan bumi, baik tanaman maupun hewan - terbangun antara lain dari unsur hydrocarbon. Kalau kita bisa mengambil hydrocarbon tersebut - itulah yang sejatinya masih kita impor sangat mahal selama ini - yaitu hydrocarbon dari fossil yang bernama minyak bumi.
Di sisi lain, kita masih memandang tumpukan sampah di kota kita sebagai liability, harus ditangani dengan anggaran yang sangat besar dan dari waktu ke waktu pemerintah daerah sibuk mencari lahan baru untuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir ) sampah, karena yang ada sudah terlalu tinggi gunungannya sehingga membahayakan jiwa.
Padahal dari sampah itulah - yang notabene separuhnya lebih adalah hydrocarbon - bisa kita ambil untuk bahan bakar apa saja yang kita butuhkan. Nama bahan bakar baru ini kami sebut MSW- Fuels, dari Municipal Solid Waste Fuels, atau bahan bakar dari sampah padat perkotaan. Sepintas lalu warna-warninya nampak seperti aneka minuman segar, sampai di lab kami harus membuat peringatan Jangan Diminum!
Gradasi warna tersebut adalah hasil fraksinasi fuzzy logic reactor kami, kita bisa memilah-milah menjadi bahan bakar apapun yang kita inginkan. Untuk Bensin misalnya yang paling kanan adalah hydrocarbon C5-C10, yang di tengah adalah Jet-Fuel yaitu hydrocarbon rantai C8-14. Yang di kiri adalah Diesel, yaitu rantai hydrocarbon C14-20. Dan yang paling kiri adalah Mazut atau bahan bakar industri, ampas dari proses fractional distillation kami yang berpanjang rantai C22 ke atas.
Walhasil bahan bakar itu melimpah di sekitar kita, hanya karena ketidak pedulian kitalah yang membuat kita harus mengimpor begitu besar kebutuhan BBM kita dan mensubsidinya dengan sangat berat - agar tetap terjangkau oleh rakyat. Padahal kalau kita mau saja, kita bisa memproduksi bahan bakar apapun yang biaya produksinya memang aslinya sangat murah - karena dia sampah!
Institusi, investor atau enterpreneur yang tertarik dengan deep-tech project bidang sustainable fuels ini dapat menghubungi kami untuk memperoleh teaser-nya.