Article Categories

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Rabu, 29 Januari 2020

Ekonomi Makro

Survival in Isolated Area

Anda pasti tidak membayangkan kota yang kurang lebih sebesar Jakarta bila harus diisolasi dari dunia luar. Tetapi inilah yang terjadi di Wuhan yang berpenduduk kurang lebih 11 juta orang, kota ini harus diisolasi total semenjak mewabahnya virus Corona.

 

Read more...

Ketahanan Pangan A La Nabi Yusuf

Di zaman Nabi Yusuf 'alaihissalam, krisis itu diantisipasi dari mimpi raja yang kemudian ditafsirkan oleh Nabi Yusuf 'alaihissalam kemudian ditindaklanjuti dengan gerakan kerja keras rakyat Mesir menanam tujuh tahun secara sungguh-sungguh, sedikit mengkonsumsi hasilnya, dan menyimpan selebihnya dalam teknik penyimpanan yang paling efektif hingga kini, yaitu menyimpan biji-bijian dalam tangkainya.

 

Read more...

Agar Tidak Seperti Yunani

Sepanjang pekan ini dunia dihebohkan dengan gagal bayar hutangnya Yunani yang bisa berdampak kemana-mana. Yunani mungkin memang pantas gagal karena dengan hutang yang sekitar US$ 420 milyar, itu mendekati 173 % dari GDP mereka tahun ini. Indonesia menurut laporan terakhir Bank Indonesia hutangnya ‘baru’ mendekati US$ 300 Milyar (estimasi tepatnya US$ 299,843 juta per April 2015), dan ini ‘hanya’ mendekati 26% dari GDP – jadi peluang kita untuk mengalami seperti mereka cukup jauh. Yang lebih mengkawatirkan bagi saya sebenarnya justru tingkat pertumbuhan hutang itu sendiri.

Read more...

What To Do Ketika Rupiah Melemah ?

Kalau saya katakan Rupiah sekarang kinerjanya lebih buruk dari Rupiah di puncak krisis 1997-1998 mungkin Anda tidak percaya, bagaimana kalau saya sajikan data yang konkrit untuk ini ? Anda Percaya ? Memang di puncak krisis yang kemudian mengawali era reformasi, Rupiah sempat berada di Rp 16,097/US$ tetapi itu hanya kejadian sehari (17/6/1998) – kemudian hebatnya pemerintahan transisi waktu itu – berhasil menurunkannya menjadi kurang dari separuhnya dalam tempo enam bulan saja, yaitu ke Rp 7,979/US$ pada penutup tahun 1998. Apa yang terjadi di Rupiah sekarang ?

Read more...

Bercermin Dari Balik Bumi

Wajar bila banyak pihak kecewa bila melihat inflasi dan pertumbuhan ekonomi negeri ini tidak seperti yang diharapkan semua orang. Sampai kwartal pertama tahun ini, ketika inflasi kita masih di angka 6.38 % - pertumbuhan ekonomi kita hanya mencapai 4.7 % atau turun dari angka 5.0 % pada kwartal sebelumnya – dan jauh sekali dari angka 7 % yang dijanjikan oleh pemerintahan baru  dalam kampanyenya. Nampaknya dalam bidang ekonomi-pun kita harus banyak bisa bercermin untuk melihat jati diri kita yang sesungguhnya, dan cermin yang agak pas untuk saat ini ada di balik bumi kita yaitu Brasil !

Read more...