Startup Genie

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Selasa, 25 Juli 2017

Harga Dinar per 6 jam

Harga Dinar

Harga Dinar
  • Harga Dinar Emas per Tue, 25 Jul 2017 12:30:00 +0700 Jual Rp. 2,157,481 Beli Rp. 2,071,182

  • Harga Dinar Emas per Tue, 25 Jul 2017 06:30:00 +0700 Jual Rp. 2,153,420 Beli Rp. 2,067,283

  • Harga Dinar Emas per Tue, 25 Jul 2017 00:30:00 +0700 Jual Rp. 2,154,708 Beli Rp. 2,068,520

  • Harga Dinar Emas per Mon, 24 Jul 2017 18:30:00 +0700 Jual Rp. 2,155,691 Beli Rp. 2,069,463

  • Harga Dinar Emas per Mon, 24 Jul 2017 12:30:00 +0700 Jual Rp. 2,152,734 Beli Rp. 2,066,625

Startup Genie

Ketika sedang menggosok ‘lampu wasiat’ bernama biz plan seorang entrepreneur pemula tanpa disadarinya memunculkan jin besar. Jin ini memberikan tiga penawaran yang hanya boleh dipilih dua di antaranya oleh sang entrepreneur. Tiga penawaran tersebut adalah right (benar), fast (cepat) dan cheap (murah). Pilihan sang entrepreneur sangat menentukan akan seperti apa perusahaan yang dihadirkannya kelak, maka dua tawaran  yang mana yang dia pilih ? 

 

Nampaknya sederhana memilih dua dari tiga pilihan ini, tetapi bagi entrepreneur pemula yang ingin memulai segala sesuatunya sendiri tanpa melibatkan orang lain atau yang dikenal dengan istilah bootstrapping – ini sungguh menjadi pilihan yang pelik.

 

Bila dia memilih melakukan segala sesuatunya dengan benar (right), namun juga murah (cheap) sesuai dengan kemampuan kantongnya sendiri – maka tantantangan terberatnya adalah bagaimana menumbuhkan perusahaannya dengan cepat (fast), karena si ‘jin’ yang keluar dari lampu wasiat – saya gunakan permisalan jin atau genie ini untuk sesuatu yang biasanya given – tidak memberikan fast, bila pilihan dia adalah right and cheap.

 

Apa ruginya bila startup tidak tumbuh cepat ? salah satu karakter startup adalah kecepatan tumbuhnya – maka usaha bootstrapping dengan modal terbatas bila dia tidak dapat tumbuh cepat jadinya bukan startup melainkan UMKM – Usaha Kecil Mikro atau Menengah.

 

Untuk startup yang idenya mudah diduplikasi kemampuan tumbuh cepat menjadi crucial karena bila si boothstrapper tidak bisa menumbuhkan dengan cepat, sangat bisa jadi idenya disambar oleh orang lain yang dapat menumbuhkannya dengan cepat.

 

Bila dia memilih right and fast, maka itu tidak akan memberinya cheap. Karena tidak akan cheap sang boothstrapper akan membutuhpakn input modal dari pihak lain, konsekwensinya dia harus merelakan sebagian sahamnya diambil oleh orang lain.

 

Bila dia memilih cheap and fast, dia tidak mendapatkan right – sesuatu  yang murah, cepat tetapi tidak benar – akan seperti kereta yang melaju dengan kencang di atas rel yang rapuh, maka dia mudah sekali tergelincir.

 

Lantas apa pilihan sang boothstrapper ? tergantung dari jenis usaha yang dibangunnya. Di startup center kami dari waktu ke waktu dihadapkan pada pilihan-pilihan tersebut. Maka startup yang terlahir di sini juga memiliki pilihannya masing-masing.

 

Ada yang memilih do it right and do it fast – seperti di iGrow. Asia, dia harus tumbub pesat karena idenya sudah terekspose secara global. Sang peniru juga sudah berdatangan dari China, India dan Philipina. Maka iGrow harus tumbuh cepat dengan konsekwensi mendatangkan modal dari pihak lain.

 

Ada yang memilih do it right and do it cheap – seperti Huurun.com. Karena Huurun mengandalkan skills dalam processing essentials oils sampai formulating perfume yang unique – Huurun tidak mengandalkan modal, maka dia tidak harus tumbuh cepat. Pasarnya yang sangat fokus pada orang-orang yang membutuhkan natural perfumery, aromatherapy and wellness – memungkinkannya untuk memperoleh pasarnya tersendiri meskipun tidak harus tumbuh cepat.

 

Adapula startup yang dari awalnya sudah mahal duluan – seperti uCare. Untuk mulai sekedar berjalan idenya saja uCare membutuhkan MVP (Minimum Viable Product) minimal sebual ambulance VVIP sekelas yang dipakai untuk ambulance kepresidenan. Maka uCare hanya punya satu plihan – yaitu do it  right and do it fast !

 

Jadi apa plihan Anda untuk penawaran startup genie tersebut ? tergantung jenis usaha Anda !