Peluang di Avocado-Based Industry

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Selasa, 25 Juli 2017

Harga Dinar per 6 jam

Harga Dinar

Harga Dinar
  • Harga Dinar Emas per Tue, 25 Jul 2017 12:30:00 +0700 Jual Rp. 2,157,481 Beli Rp. 2,071,182

  • Harga Dinar Emas per Tue, 25 Jul 2017 06:30:00 +0700 Jual Rp. 2,153,420 Beli Rp. 2,067,283

  • Harga Dinar Emas per Tue, 25 Jul 2017 00:30:00 +0700 Jual Rp. 2,154,708 Beli Rp. 2,068,520

  • Harga Dinar Emas per Mon, 24 Jul 2017 18:30:00 +0700 Jual Rp. 2,155,691 Beli Rp. 2,069,463

  • Harga Dinar Emas per Mon, 24 Jul 2017 12:30:00 +0700 Jual Rp. 2,152,734 Beli Rp. 2,066,625

Peluang di Avocado-Based Industry

Setelah tulisan saya akhir pekan lalu tentang Can We Make The Change ?banyak pertanyaan datang ke saya yang intinya menanyakan dimana peluang yang bisa diambil dari perubahan yang saya maksud dalam tulisan tersebut. Intinya yang saya jelaskan adalah – kalau ada satu jenis tanaman buah yang bisa menjadi dasar lahirnya sebuah industri baru – maka salah satunya adalah alpukat. Setidaknya saya mengidentifikasi ada 7 segmen industri yang bisa digarap oleh peminatnya masing-masing, dan inilah peluang bagi kita semua di negeri ini untuk membangun masyarakat dan ekonomi yang sehat saat ini.

 

Peluang pertama adalah pada segmen pembibitan, stiap hektar tanaman Alpukat dibutuhkan sekitar 275 bibit. Jadi kalau negeri ini ingin menanam 2.75 juta hektar alpukat untuk bisa swasembada minyak goreng dan minyak makan yang sehat, maka akan ada peluang bagi siapa saja yang mau membibitkan alpukat ini dengan serius.

 

Peluang kedua ada pada penanamannya, lagi-lagi segmen ini akan menjadi industri tersendiri. Mulai dari penyiapan lahan, pengolahan, penanaman, pemeliharaan dan sampai panennya nanti.

 

Peluang ketiga ada pada revitalisasi dari tanaman-tanaman alpukat yang sekarang sudah menyebar luas di masyarakat, utamanya di sentra-sentra alpukat seperti Garut, Sukabumi, Lampung dan Sumatra Selatan pada umumnya. Pohon-pohon yang sudah berbuah baik tersebut perlu terus dirawat dan disehatkan agar hasilnya menjadi optimal.

 

Peluang keempat adalah penanganan pasca panen sampai perdagangan buah alpukat itu sendiri. Akhir-akhir ini saya banyak melakukan survey ke restoran-restoran yang biasanya menyajikan menu berbasis alpukat, rata-rata sekarang kosong. Di daerah masih banyak yang jualan, tetapi di kota- seperti Jakarta sudah menjadi langka.

 

Ini mendatangkan peluang bagi yang bisa menangani buah-buah alpukat ini secara efisien dan mampu bertahan lama. Juga bagi yang mau menguasai jalur distribusi perdagangannya, ini bisa menjadi peluang terbaik saat ini.

 

Peluang kelima adalah prosessing dari buah alpukat untuk menjadi produk akhir. Saat ini kami sedang menguji coba berbagai proses untuk mengolah buah alpukat menjadi minyak goreng terbaik, dengan proses-proses yang paling ekonomis dan efisien.

 

Setelah hasilnya optimal nanti, insyaallah kami siap bekerjasama dengan berbagai pihak yang sudah atau akan menekuni jenis buah yang satu ini – untuk memperluas basis pasarnya. Buah alpukat tidak lagi harus dipasarkan sebagai produk buah segar yang rentan kerusakan/busuk, tetapi juga bisa menjadi bahan baku industri.

 

Peluang keenam adalah di bidang trading produk akhir minyak alpukat yang bisa menjadi minyak pengganti terbaik khususnya bagi masyarakat yang sedang dalam proses penyembuhan dari diabetes, cancer, serangan jantung dlsb. juga bagi masyarakat pada umumnya yang ingin menjaga kesehatannya – because our health is priceless !

 

Peluang ketujuh adalah yang akan menjadikan alpukat sebagai basis produk akhir untuk konsumers, baik berupa buah segar maupun produk turunannya. Alpukat bisa menjadi bahan terbaik untuk salad misalnya, baik sebagai salah satu bahan utama atau toping-nya, maupun sebagai dressing-nya. Jadi alpukat bukan hanya untuk jus alpukat seperti yang kita kenal selama ini.

 

Bila dari tujuh peluang tersebut masih terlalu sulit untuk Anda tangkap salah satunya, maka ada cara yang mudah untuk terlibat dari upaya menjaga kesehatan masyarakat sekaligus membangun kekuatan ekonomi dari jenis industri baru ini yaitu dengan bergabung ke iGrow My Own Food, yang kini sudah pula menyediakan bibit sekaligus lahan penanamannya dalam iGrow Avocado di www.igrow.asia.