Article Categories

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Senin, 18 Juni 2018

Entrepreneurship

Nano Farmer – A Vision Sharing

Dunia terancam loss generation in agriculture, bukan hanya di negeri kita tetapi juga di negeri maju seperti Jepang. Pasalnya anak-anak muda kehilangan minat untuk terjun di dunia pertanian, sehingga bertani hanya didominasi oleh orang-orang yang sudah sepuh. Di sisi lain saya melihat minat sejumlah ahli dengan antusiasnya menggarap pertanian ini, karena mereka melihat ada masa depan yang sangat menjanjikan di sektor ini. Salah satunya yang akan ikut merubah sektor ini adalah teknologi nano, maka selamat datang era petani nano !

Read more...

Believing Is Seeing

Hari ini kaum muslimin di seluruh dunia memasuki akhir bulan Ramadhan, bulan yang merupakan kawah candra dimuka untuk mengangkat orang-orang beriman menuju tingkatan berikutnya yaitu menjadi orang-orang bertakwa (QS 2:183). Salah satu tanda bila puasa itu berhasil mengangkat kita menjadi orang bertakwa adalah adanya perubahan paradigma dalam keyakinan (believe) - bila kebanyakan orang harus melihat dahulu baru percaya (seeing is believing) – orang yang bertakwa sebaliknya, believing is seeing – karena dia beriman maka dia bisa melihat yang tidak terlihat oleh orang lain yang tidak beriman. Lantas apa yang dia lihat ?

Read more...

Pengantar I’tikaf : The Nature of Energy

Ayat-ayat Allah itu ada dua bentuk yaitu qauliyah dan kauniyah, qauliyah adalah yang tertulis di kitabNya – Al-Qur’anul Karim – yang menjadi bacaan sehari-hari kaum muslimin di seluruh dunia apalagi di bulan Ramadhan seperti ini. Ayat Kauniyah adalah tanda-tanda kekuasaanNya yang dibentangkan di seluruh bumi dalam setiap benda dan peristiwa, hanya dengan menguasai keduanya umat ini dijanjikan menjadi umat yang unggul (QS 3:138-139).

Read more...

Mata’al lil Muqwiin

Sekitar tujuh abad setelah Al-Qur’an turun, mufassir terbesar yang karyanya jadi rujukan hingga abad ini yaitu Ibnu Katsir (1301-1372) nampak berusaha keras menjelaskan dua buah kata – tentang sesuatu benda yang pada jamannya belum sepenuhnya dikenal wujudnya. Maka ketika dua kata ini muncul dalam Al-Qur’an terjemahan bahasa Indonesia yang terbaru sekalipun, penjelasannya masih belum spesifik karena juga merujuk pada tafsir berabad-abad lalu itu. Dua kata itu adalah Mata’al lil Muqwiin yang diterjemahkan ke Al-Qur’an bahasa Indonesia menjadi bahan yang berguna untuk musafir.

Read more...

Lokasi I’tikaf Energi Al-Qur’an

Teman-teman yang ingin ikut I’tikaf Ramadhan 1439 dengan tema Energi Al-Qur’an dengan ini diberitahukan bahwa karena masjid yang sedang kami bangun di Griya Tugu Asri belum juga siap untuk I’tikaf, lokasi I’tikaf kami pindahkan ke Madrasah Al-Fatih Sentul. Lokasi tepatnya dapat dilihat di google map beriku : https://goo.gl/forms/cyBhXsUSC4txqyRG3 . Sehubungan dengan perubahan lokasi yang agak jauh dari pusat keramaian ini, kami paham bila ada peserta yang berubah pikiran. Karena lokasi pula, layanan untuk berbuka dan sahur harus ada yang mengorganisir – karena layanan pesan makanan secara online kemungkinan besar tidak sampai lokasi. Untuk ini panitia mengenakan kontribusi untuk berbuka dan sahur sebesar Rp 70,000 per hari.

 

Peserta yang memutuskan untuk tetap ikut silahkan mengisi ulang form dalam link ini, agar terdaftar kembali kepesertaannya di lokasi yang baru.