Quiz Kecerdasan Islami 3 : Tiga Hari Dalam Hidup Kita…

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Rabu, 18 Juli 2018

Quiz Kecerdasan Islami 3 : Tiga Hari Dalam Hidup Kita…

Sesungguhnya kita hanya memiliki tiga jenis hari saja sepanjang hidup kita yang membentuk diri kita. Pertama adalah hari kemarin, kedua adalah hari ini dan yang ketiga adalah hari esuk. Apa yang kita lakukan terhadap tiga hari ini bukan hanya menentukan menjadi seperti apa kita di dunia ini, tetapi juga menentukan dimana posisi kita di akhirat kelak.


Hari pertama adalah hari kemarin.  Di pikiran umumnya manusia, kemarin adalah sesuatu yang telah lewat, tidak ada yang bisa dilakukan. Kegagalan, musibah, keberhasilan, kesenangan, kesedihan dlsb. semua telah berlalu – tidak ada yang bisa diperbaiki atau diulangi untuk  kembali ke hari kemarin.

 

Benarkah demikian ?, betul kita tidak bisa kembali ke hari kemarin – tetapi bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan tentang apa yang sudah kita lalui kemarin. Bila kemarin kita banyak melakukan kesalahan, kita bisa bertobat, mohon ampun dan bersabar atas segala yang sudah terjadi tersebut. Bila kemarin banyak kemudahan dan kesuksesan, kita perlu banyak bersyukur.

 

Bila kemarin upaya kita belum sempurna, hasilnya belum maksimal – kita masih bisa menjadikannya pelajaran yang tidak bisa diajarkan oleh siapapun dan dimanapun, yaitu pelajaran yang kita mengalaminya sendiri. Hari kemarin bisa kita gunakan untuk bekal kita hari ini dan hari esuk.

 

Hari ini adalah hari untuk berbuat, kita tidak bisa menunggu hari esuk karena hari esuk belum tentu menjadi milik kita. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, kegagalan atau kekurang sempurnaan ikhtiar di hari kemarin bisa terus kita perbaiki dan sempurnakan hari ini.

 

Hari ini adalah hari yang amat sangat berharga, kita tidak ingin menyesalinya di hari esuk. Oleh karenanya pada hari inilah ikhtiar utama kita secara maksimal bisa kita lakukan, hari inilah yang benar-benar milik kita karena hari kemarin sudah bukan lagi milik kita dan yang hari esuk belum tentu milik kita.

 

Laksana memiliki barang yang amat sangat berharga yang tidak ada duanya dan tidak mungkin kita peroleh lagi di lain waktu dan di lain tempat – maka harus kita genggam sekuatnya hari ini untuk ikhtiar yang maksimal, tidak ada yang boleh mengalahkan kita atau mengambilnya dari kita hari ini !.

 

Hari esuk adalah misteri, kita bisa memilikinya di dunia ini – bisa juga tidak. Tetapi ada sesuatu yang sangat berharga untuk kita persiapkan untuk hari esuk ini. Semua ikhiar maksimal kita hari ini adalah untuk hari esuk, cita-cita yang kita canangkan hari ini adalah untuk hari esuk – dan bahkan hidup kita hari ini dan hari kemarin semuanya menjadi bekal untuk hari esuk.

 

Sebagaimana sebuah misteri, hari esuk juga memiliki sebuah rahasia. Bagi yang tahu rahasianya, dia bisa mengambil manfaat dari yang belum dia lakukan di hari esuk, bahkan juga bisa jadi dia tidak sempat melaksanakan apa yang akan dia lakukan di hari esuk tersebut. Tetapi kok dia bisa mengambil manfaatnya ?. Inilah quiznya itu, apa misteri di hari esuk yang kita bisa memperoleh manfaatnya – meskipun kita belum tentu bisa melakukannya !. Hadiah dari Quiz ini adalah 5 Dirham (1 Khamsa) untuk pemenang pertama, dan masing-masih 1 Dirham untuk sembilan pemenang hiburan.

 

Pemenang ditentukan berdasarkan detail penjelasan dan bila diperlukan juga dalil yang digunakan untuk mendukung jawaban atau argumennya. Jawaban dikirim via email ke menu contact  situs ini atau ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. paling lambat 31 Maret 2012. Jawaban beserta pemenangnya insyaallah akan diumumkan pada tanggal 1 April 2012. Selamat mencoba !