Quiz Kecerdasan Islami V : Tentang Lapar dan Hubungannya Dengan Takwa…

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Ahad, 23 September 2018

Quiz Kecerdasan Islami V : Tentang Lapar dan Hubungannya Dengan Takwa…

Setelah seharian berpuasa dan tetap bekerja, dalam kondisi lapar Anda berkendaraan pulang. Di tengah jalan adzan magrib berkumandang sedangkan di kendaraan Anda hanya ada sebotol air putih,  Anda minum habis sebotol air putih tersebut untuk berbuka puasa - sesaat rasa lapar hilang dan Anda segar kembali. Air putih tidak mengandung kalori, karbohidrat, lemak ataupun protein – tetapi kok bisa menghilangkan rasa lapar  ya ?. Oh kalau begitu rasa lapar timbul karena kekosongan perut, begitu diisi (apa saja) maka akan hilanglah rasa lapar itu …?, ternyata tidak juga demikian…!.

 

Perhatikan dua kasus ini :

 

Konon beberapa politisi yang masuk daftar panggil KPK, beberapa hari mereka tidak bisa tidur dan tidak mengantuk, beberapa hari pula mereka tidak bisa makan dan tidak lapar. Perut mereka kosong, tetapi kok tidak lapar ?.

 

Kasus lain Anda perhatikan anak-anak remaja Anda yang tengah berbuka puasa. Dilahapnya segala makanan yang ada di meja, perut mereka seperti karet saja – nampung begitu banyak makanan. Perut mereka sudah penuh sesak, tetapi kok rasa lapar dari puasa di siang hari tadi terasa belum pulih sehingga masih ingin makan lagi dan lagi  ?.

 

Jadi apa itu (penyebab) lapar ?. Inilah pertanyaan pertama dari Quiz yang ke-V ini.

 

Lebih jauh Allah antara lain menggunakan sarana lapar yaitu puasa untuk mengangkat umat ini ke derajat takwa, bahkan lapar (puasa) juga menjadi rukun Islam sesudah syahadat dan sholat – ini menunjukkan betapa pentingnya lapar (puasa) itu.  Tetapi apa hubungannya antara lapar (puasa) ini dengan takwa ?.  Inilah pertanyaan keduanya.

 

Tugas Anda dalam Quiz ini adalah menjawab dua pertanyaan tersebut baik secara ilmiah (science) maupun berdasarkan petunjukNya (guidance). Penjawab terbaik pertama diberi hadiah 1 Dinar, kedua diberi hadiah 5 Dirham (khamsa), dan terbaik ketiga diberi satu Dirham.

 

Saya yakin bukan karena hadiah yang tidak seberapa tersebut  Anda akan berpartisipasi dalam Quiz yang ke –V ini, tetapi dalam rangka untuk lebih memahami makna lapar (puasa) kita semua. Lebih jauh lagi bila kita bisa memahami konsep lapar secara benar, insyaallah berbagai teknik pengobatan dan diet  baru dapat dihasilkan.

 

Demikian juga bila kita bisa menemukan korelasi yang mudah dipahami dan nyata antara lapar dan takwa, insyaAllah kita juga akan lebih bisa mencapai derajat takwa itu dan sekaligus insyaallah bisa menjaganya pula.

 

Kami tunggu jawaban Anda di email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. atau menu kontak situs ini paling lambat sepekan dari hari ini atau Sabtu 4 Agustus 2012. Insyaallah hasilnya akan kami share di situs ini pula bersamaan dengan pengumuman pemenangnya pada hari Ahad 5 Agustus 2012.