Article Categories

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Rabu, 3 Juni 2020

Entrepreneurship

Industri Pertanian Zaman Nabi

Uswatun hasanah - contoh terbaik kita - Nabi akhir zaman sungguh telah memberikan contoh sempurna untuk seluruh bidang kehidupan. Contoh beliau tidak berbatas waktu, relevan saat beliau hidup, relevan saat ini, relevan pula hingga akhir zaman nanti. Di era industri seperti ini - contoh captain of industry - kepemimpinan industri yang sesungguhnya juga tetap bisa mencontoh apa yang beliau lakukan pada zamannya.

Read more...

Probiotic Food dan Prophetic Food

Manusia modern tidak henti-hentinya berinovasi untuk menemukan makanan yang menurutnya baik, maka bermunculanlah berbagai istilah makanan  yang disebut  functional food, nutraceutical, probiotic food, symbiotic food dan entah apa lagi yang nantinya akan muncul lagi dari keinginan manusia untuk bisa makan lebih baik. 

Read more...

Virtual Human Melawan Covid-19, Mungkinkah ?

Sebuah konsorsium dari sejumlah perguruan tinggi dan berbagai industri dunia telah lama membangun apa yang disebut The CompBioMed Centre of Excellence yang antara lain untuk merealisasikan konsep Virtual Human. Bahkan tidak kurang badan-badan dunia seperti WHO dan ITU (International Telecommunication Union) telah rutin pula bertemu untuk implementasi Artificial Intelligence dalam bidang medis.

 

Read more...

Makanan Yang Membuat Tidak Miskin

Hilangnya kemiskinan dan nihilnya kelaparan (No Poverty and Zero Hunger) adalah goals pertama dan kedua dari 17 goals yang disepakati oleh negara-negara di dunia  dengan apa yang disebut Sustainable Development Goals atau SDGs. Target pencapian SDGs ini semula adalah 2030, namun  banyak kalangan meragukan pencapaian ini lebih-lebih setelah adanya pandemi global Covid-19 yang dialami oleh hampir seluruh negara di dunia tahun ini.

Read more...

Opportunity in Democratized Economy

Ada megatrend besar yang terjadi di sekitar kita tanpa kita sadari sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Tiba-tiba saja kita dibanjiri penjualan beraneka produk dari tetangga-tetangga dan teman-teman dekat kita.

 

Read more...