Article Categories

Gerai Dinar

Sumber Daya Bebas Bea Untuk Pendidikan, Pelatihan dan Pendampingan Usaha dan Kewirausahaan.
Kamis, 24 Mei 2018

Entrepreneurship

I’tikaf Ramadhan 1439 H : Energi Al-Qur’an

“Sekiranya kami turunkan Al-Qur’an itu kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah karena takut kepada Allah…” (QS 59:22), perumpamaan ini Allah buat untuk membuat kita berfikir. Lantas apa yang kita pikirkan ? saya berpikir bahwa hanya energi yang amat dasyat yang bisa meluluh lantakkan sebuah gunung. Energi yang amat sangat dasyat ini bisa menjadi sumber energi yang sangat luas dalam arti kiasan maupun harfiah, tangible maupun intangible  dan  ruhiyah maupun jasadiyah.

Read more...

Science and Engineering Startups

Kalau kita mendengar istilah startup, umumnya yang kita bayangkan adalah usaha rintisan yang tumbuh dengan cepat berbasis teknologi informasi. Meskipun ini juga benar, bidang-bidang yang lain tidak kalah menariknya untuk di-startup-kan. Bahkan bidang yang lain ini karena akan memerlukan core competency yang unique, dia tidak akan mudah disaingi – karena entry barrier nya yang akan berat bagi pendatang baru. Secara khusus Indonesia Startup Center tertarik mengembangkan startup yang demikian, dan untuk tahap awal ini challenge-nya kami tawarkan kepada para insinyur kimia dan mesin.

Read more...

Food, Energy and Water Trilemma

Food, Energy and Water (FEW) adalah tiga pilar kebutuhan dasar manusia yang ketersediaan dan keterjangkauannya (availability and accessibility) menjadi penopang keamanan (security), keadilan (prosperity) dan kesetaraan (equity) suatu negara.  Masalahnya adalah pengadaan ketiganya sekaligus seiring kebutuhan manusia yang terus meningkat sungguh tidak mudah dan bahkan menjadi challenge terbesar peradaban saat ini – karena ketiganya berebut sumber daya yang sama.

Read more...

DME : One More Step For Independent Energy

Kalau kami  memberi angka, upaya Indonesia Startup Center untuk menghasilkan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang bener-bener sustainable,  murah, terdistribusi dan massif itu kini telah mencapai 50%. InsyaAllah separuh langkah lagi, semua keluarga sampai seluruh pelosok negeri tidak lagi perlu kawatir tentang kelangkaan gas melon, dan secara nasional kita tidak lagi kawatir masa depan suram gara-gara minyak akan habis dalam sekitar 10-11 tahun lagi. Begitu hebohkah ? Lets see what we’ve been doing , dan apa yang kira-kira Anda bisa membantu merealisasikannya.

Read more...

Blockchain May Save Life…

Pentingnya data dalam kehidupan adalah karena data bisa menyelamatkan keidupan itu sendiri. Bukan hanya data crucial seperti rekam medis, frequency bencana alam dan sejenisnya – tetapi juga data yang nampaknya jauh dari urusan hidup dan mati seperti data tentang hasil pertanian. Data tentang produksi jagung misalnya, bisa berdampak terhadap hidup dan mati – maka dia harus diurusi dengan seterpercaya mungkin, salah satunya bisa menggunakan blockchain technology.

Read more...