Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Bahan Bakar Era Avatar

Di awal sekali internet masuk Indonesia, saya masih mengalami komunikasi via internet itu hanya teks , kemudian masuk gambar, video streaming dan video conference seperti yang marak di era pandemi 2.5 tahun belakangan. Yang sekarang berada di depan pintu adalah interaksi tingkat lanjut, dimana kita bisa 'masuk' ke dunia maya itu sendiri dan bertransaksi maupun mengambil keputusan yang langsung berdampak pada apa yang terjadi di dunia nyata.

Kalau teknologi digital twin yang menjadi jembatan ke jagad maya (metaverse) itu kita terapakan pada pengadaan bahan bakar yang bersih dan terbarukan misalnya, maka jadinya akan seperti ilustrasi di bawah. Mesin reaktor logika fuzzy yang sedang kami siapkan ini misalnya, tergolong mesin yang njlimet, butuh pengaturan parameter-parameter yang presisi untuk bisa menghasilkan bahan bakar yang bisa digunakan oleh masyarakat setempat dimana saja mereka berada.



Mesinnya kecil-kecil dan menyebar sampai ke desa-desa, inilah konsep democratized dan distributed-nya energi baru terbarukan. Lantas bagaimana dengan pengendalian presisinya? Itulah tugas avatar saya - kembaran digital saya yang masuk jagad maya dan melakukan pengendalian mesin-mesin tersebut. Masyarakat setempat cukup memasang listriknya dan akses internetnya, maka mesin berada dimanapun akan dapat dikendalikan oleh avatar tersebut.

Bukan hanya disini peran avatar, masyarakat desa misalnya butuhnya hanya bahan bakar yang murah, tetapi dampak dari pengggunaan bahan bakar murah yang renewable tersebut sebenarnya mereka berhak atas reward dunia yang bernama carbon credit, karena dampak dari perbuatannya tersebut telah ikut menurunkan tingkat pencemaran dunia. Maka tugas avatar saya berikutnya adalah mengumpulkan carbon credit tersebut dari seluruh dunia, dan kemudian mengembalikan lagi hasilnya ke masyarakat desa - berupa discount dari bahan bakar yang mereka beli.

Bagaimana agar mesin tidak ngacau oleh avatar orang lain yng ingin mensabotnya misalnya, atau carbon creditnya dikumpulkan oleh orang lain dan dinikmati sendiri misalnya, maka inilah peran autentikasi digital melalui blockchain secara umum atau NFT (Non-Fungible Token) secara khusus sehingga mesin-mesin tersebut 'mengenali' siapa operator yang harus diikuti instruksinya. Demikian pula dengan masyarakat dunia yang akan membayar carbon credit tersebut, mereka akan mengenali siapa yang berhak melakukan transaksi dan siapa yang tidak. Selamat datang di jagad maya! 

Lihat Lebih Sedikit