Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
Bio-DME Setelah 4 Tahun
 
Mockup mini plant yang ada pada foto ini sudah 4 tahun lebih menghuni salah satu sudut meja kerja/lab saya. Dia adalah miniatur dari pabrik Bio-DME (Dimethyl Ether) yang saya rancang, dan tulisan lengkapnya masih bisa dibaca di sini : https://lnkd.in/guSc-gnn
Bila hari-hari ini kita mendengar pemerintah akan mengganti LPG dengan DME, tentu saya tidak terkejut karena memanng inilah cara untuk menekan LPG import yang luar biasa besar.
Hanya saja pilihan pemerintah yang masih menggunakan batubara untuk bahan bakunya, rasanya kok kurang sejalan dengan target SDG dan apalagi target Net-Zero yang disepakati lebih dari 100 pemimpin dunia di COP26, Glasgow Inggris awal bulan ini.
Masalah lain adalah energy density DME yang hanya 31.7 MJ/kg, atau 64% dari LPG (49.3 MJ/kg), akan membuat unsur biaya transportasi menjadi bahkan lebih dominan ketimbang transportasi LPG - bila diproduksi secara tersentralisir seperti produksi bahan bakar selama ini.
Dua poin tersebut yang ada di rancangan saya , yang tidak ada di rancangan pemerintah. Mini plant Bio-DME di rancanngan saya menggunakan bahan baku biomasa yang melimpah di seluruh penjuru negeri, selain renewable juga memberdayakan masyarakat setempat - sampai pulau-pulau terpencil sekalipun.
Kedua pabriknya sendiri saya rancang kecil-kecil, seukuran kontainer 20 ft, jadi bisa ditaruh dimana saja untuk menghadirkan local fuel, bahan bakar yang diproduksi dan digunakan di tempat yang sama - menekan biaya transportasi dan jejak karbon.
Hanya bedanya lagi dengan pemerintah, saya belum punya dana cukup untuk wewujudkan ide saya sehingga baru menyelesaikan sekitar separuh pekerjaan, sedangkan pemerintah uangnya seperti kertas tissue - ditarik keluar lagi dan keluar lagj, meskipun tidak selalu lebih efisien.
Maka bila ada yang tertarik menindak lanjuti mesin rancangan saya tersebut silahkan, bisa jadi ini peluang terbaik Anda sekarang