Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
Net-Zero, Problem or Solution?
Bagi sebagian pelaku ekonomi, khususnya industri - Net-Zero sudah mulai menjadi masalah sekarang. Meskipun target pencapaiannya sendiri masih 2050, tetapi industri keuangan dunia, bank dan asuransi, sudah mulai mencabut dukungannya ke industri yang masih mencemari lingiungan.
Di sisi lain, target Net-Zero itu bisa menjadi solusi nyata agar tidak ada lagi lahan kritis kita yang tidak ditanami, agar lingkungan diselamatkan, agar banjir, longsor dan kekeringan dapat dicegah. Dalam hitungan saya, bila BUMN-BUMN energi saja mau menanam pohon untuk strategi pencapaian Net-Zero mereka, maka seluruh lahan kritis dan sangat kritis kita yang 14 juta hektar sudah akan habis tertanami pohon produktif semua.
Lalu bagaima dengan industri-industri lainnya, industri berat, industri dasar dan bahksn juga industri ringan dan industri kecil yang juga harus punya strategy Net-Zero untuk tetap dapat dukungan perbankan dan asuransi?
Solusi yang kami tawarkan menggunakan salah satu pilihan carbon capture technology untuk menangkap CO2 yang masih terpaksa keluar dari industri Anda. Lantas untuk apa CO2 ini setelah ditangkap?
Solusi berikutnya yang juga kami tawarkan adalah menggunakannya untuk budi daya microalgae. Bisa kita pilih speciesnya, tergantung produk yang diinginkan yaitu antara lemak/minyak, protein, karbohidrat atau fitonutrisi dan pigmen. Dari budidaya microalgae inilah akan bisa dihasilkan segala kebutuhan hidup kita mulai dari fuel, food, feed dan feedstocks.
Jadi CO2 bukan masalah, tetapi adalah peluang untuk bahan baku dasar pada proses produksi primer pada tanaman atau yang dikenal umum sebagai proses fotosintesa. Dari sinilah semua proses kehidupan bermula, dan kita bisa menjaga kesinambungan kehidupan ini bila kita bisa mengelola CO2.