Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
Penampakan CareX Untuk Pemulung Era Net-Zero
 
Tidak ada yang baru dari sisi teknologi sebenarnya, karena Robert Stirling telah memperkenalkan mesin ini pertengahan abad 19. Kemudian NASA menggunakan untuk wahana antariksanya beberapa dekade sebelum me-release untuk publik lima tahun lalu.
Yang baru adalah aplikasinya di industri Net-Zero yang akan menjadi the next big thing dalam beberapa dekade mendatang. Mesin yang secara umum disebut Stirling Engine, atau yang saya pegang ini yang mirip rancangannya NASA - disebut Free Piston Stirling Engine (FPSE), menjadi salah satu solusi untuk pencapaian target Net-Zero.
Di system CareX (Carbon Removal and Exchange), FPSE tersebut kami fungsikan sebagai cryocooler, yaitu pendingin yang bisa mencapai suhu - 150 C.
Ketika didekatkan ke sumber emisi CO2 dia akan langsung beku karena CO2 memiliki titik beku hanya-78 C. Sementara oksigen dan nitrogen tetap bebas menjadi udara bersih (tidak ikut beku) karena titik beku masing-masing adalah - 218.8 C dan -210 C, jauh lebih rendah lagi dari suhu cryocooler kita yang -150 C.
Semua science dan teknologi-nya komplit, dan prototype-nya bahkan sudah kami buat ini. Namun kami membuka peluang para insinyur yang suka ngoprek mesin - untuk membongkar mesin ini dan memperbaiki rancangan ini.
Di era Net-Zero nanti, CO2 adalah seperti sampah kita sehari-hari. Setiap pihak harus bisa menangani sampahnya sendiri, atau membayar mahal ke pihak lain yang mampu dan mau melakukannya.
Seperi pemuluhg sampah yang nengandalkan gerobaknya untuk mengumpulkan sampah yang masih berharga, di era Net-Zero membutuhkan alat semacam ini untuk memulung CO2, yang masih sangat berharga bila kita gunakan untuk budidaya microalgae.