Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
Carbon Removal and Exchange (CareX)
 
Ikhtiar untuk mencapai Net-Zero 2050 itu bisa dilakukan dengan kombinasi dua pendekatan yang disebut Do the Best and Remove the Rest.
Do the Best maksudnya adalah menekan semaksimal mungkin aktivitas yang mencemari udara dengan emisi CO2 atau setara CO2. Penggunaan kendaraan listrik, biofuel, solar energy dlsb. masuk kategori ini.
Namun sekeras apapun upaya kita untuk Do the Best tersebut, hingga pertengahan abad ini setidaknya, masih akan banyak aktivitas kita yang meng-emisi CO2 secara masif. Diantaranya adalah kita belum akan bisa lepas dari batubara untuk pembangkitan listrik, pesawat terbang dan kapal laut masih akan tergantung liquid fuel yang sebagiannya masih dari fosil.
Maka emisi CO2 yang masih terpaksa keluar tersebut-lah yang harus di-remove. Ada dua cara pula untuk ini, yaitu dengan solusi teknologi dan dengan penanaman pohon. Dua cara untuk me-remove CO2 inilah yang melalui proyek Green Waqf kami perkenalkan apa yang kami sebut Carbon Removal and Exchange (CareX).
Cara pertama adalah dengan penanaman pohon tamanu di lahan-lahan kritis kita, ada 14 juta hektar di Indonesia, 40% diantaranya cocok untuk tamanu. Biji dari buah tamanu ini ideal untuk produksi biofuel yang sustainable, tidak berebut dengan pangan maupun lahan pertanian.
Namun lahan ini pada waktunya juga akan habis, maka cara kedua juga harus mulai dikembangkan. Yang sudah kami mulai adalah pengembangan teknologi untuk carbon capture berbasis cryogenic dengan memanfaatkan industrial waste heat. Hasil CO2 tangkapannya untuk menumbuhkan microalgae untuk fuel, food and feed.
Dua solusi penanaman pohon tamanu dan teknologi penangkapan carbon tersebut insyaAllah bisa menjadi ikhtiar Do the Best and Remove the Rest yang ideal untuk menjaga bumi kita bersama ini.