Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed
Anda mungkin tidak menduga bahwa pemandangan seperti dalam foto di bawah terjadi di negara maju. Tidak ada hujan , tidak ada angin, tidak juga ada perang, tidak sedang bencana alam , tetapi krisis bahan bakar sedang melanda hampir seluruh negeri Inggris hari-hari ini.
Penyebabnya nampak sederhana, masalah logistik! Karena lori-lori pengangkut minyak yang butuh stamdar khusus pengemudinya, maka krisis pengemudi-pun sudah cukup untuk menimbulkan krisis bahan bakar yang masif dan tidak bisa teratasi secara cepat.
Padahal di luar masalah yang nampak sepele seperti ini, banyak sekali masalah lebih serius yang bisa mengganggu ketersediaan bahan bakar. Bencana alam, perang atau krisis geo-politik adalah resiko yang bisa tiba-tiba muncul. Dalam skala lebih kecil gangguan ketersediaan bahan bakar sering terjadi di pulau-pulau kecil ketika musim ombak besar tiba.
Di luar resiko yang bersifat accidental semacam ini, ada juga resiko-resiko gradual - kejadiannya perlahan-lahan tetapi nyaris pasti. Misalnya karena cadangan minyak yang menipis, global warming dan segala akibat yang bisa ditimbulkannya.
Atas semua alasan itulah mengapa saya memperkenalkan konsep Local Fuel, bahan bakar yang diproduksi dengan menggunakan sumber daya setempat dan digunakan di daerah yang sama.
Selain meminimize resiko krisis bahan bakar, konsep Local Fuel ini juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah yang mengadopsinya. Masyarakat luas bisa terlibat dalam sektor ekonomi terpenting kedua setelah pangan yaitu energi.
Manfaat terpenting dari konsep local fuel ini adalah menekan emisi carbon. Pertama karena sumber daya setempat yang pasti ada adalah biomasa baik berupa vegetable oil maupun lignocellulose, yang keduanya akan menghasilkan bahan bakar yang carbon neutral. Kedua karena Local Fuel tidak perlu ditransportasikan dari tempat yng jauh, sehingga menekan carbon foot-print dari sisi transportasinya. Dan yang jelas, krisis BBM meluas seperti di Inggris tersebut tidak akan terjadi di era Locl Fuel!
Detil penjelasan tentang Local Fuel ini ada di posting saya sebelumnya : https://lnkd.in/gmZ9JqEa