Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Desertification atau juga disebut desertization adalah proses dimana lahan yang semula ‘hanya’ gersang namun berproses menjadi gurun.


Ketika lahan-lahan gersang tersebut dibiarkan terbuka dan tidak ditanami, maka hujan yang masih turun-pun langsung menguap lagi, daerah tersebut menjadi semakin panas, sedikit pohon yang tersisa menjadi mati, sedikit hujan yang masih turun semakin cepat lagi menguap, secara spiral akan terjadi percepatan proses lahan gersang ini menjadi gurun.

Kunci dari proses ini adalah pembiaran, ketika kita semua membiarkan proses tersebut terjadi di lahan- lahan gersang kita, yg di Indonesia kita punya 14 juta hektar yg kita sebut lahan kritis dan sangat kritis.

Lantas apa yang bisa kita lakukan agar proses gurunisasi tidak terjadi di negeri ini? Kita harus putar balik arahnya. Kita identifikasi lahan-lahan gersang tersebut dimanapun adanya, kita tanami dengan pohon yang masih bisa tumbuh di lahan tersebut, salah satunya adalah tamanu atau nyamplung yang insyaAllah masih bisa tumbuh di lahan paling gersang-pun di Indonesia.

Awalnya kita gerakkan dana wakaf untuk menanamnya, karena kalau hitungannya ekonomi - itulah yang terjadi selama ini, tidak ada yang mau menanam di lahan-lahan tersebut. Namun setelah masyarakat tahu betapa tingginya nilai produk yg dihasilkan dari tanaman di lahan gersang ini, masyarakat dengan semdirinya akan berlomba menanam pohon lahan gersang tersebut. Gambar berikut adalah berbagai produk yg sudah kami identifikasi dan sediakan teknologinya, semua ilmunya free untuk yang mau membalik arah desertification tersebut. Agar anak cucu kita tidak menemukan gurun di negeri ini.