Kelapa Dua Raya 189 Depok, Jawa Barat 16951 Indonesia
+(62) 856-93-010101 admin@geraidinar.com
Mon - Fri 8.30 - 16.00 National Holiday Closed

Dua hal ini umumnya sering dipertentangkan seolah dua hal yang berbeda kepentingan, bahkan baru menjelang akhir abad 20 ketika pemimpin dunia bertemu di Rio de Janeiro (1992) - disadari bahwa pertumbuhan ekonomi dunia hingga saat itu mengabaikan ekologi.

Setelah disadari-pun gerakan untuk (juga) mementingkan ekologi sepenting ekonomi itu sendiri perlu waktu panjang untuk implementasinya. Target pencapaian SDG misalnya adalah tahun 2030 atau 38 tahun sejak pertemuan tingkat tinggi 1992 tersebut di atas.

Ada yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mempercepat kesadaran akan pentingnya menyelamatkan lingkungan ini, yaitu kesadaran beragama.

Dalam Islam misalnya, Nabi SAW mewasiatkan bahwa hanya tiga yang tertinggal ketika kita mati : sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendoakan orang tuanya.

Kemudian beliau juga memberi contoh konkrit sedekah jariah yang pahalanya mengalir sampai kiamat yaitu menanam pohon. Maka ketika kesadaran beragama ini saja didorong, lingkunngan insyaAllah akan lestari.

Ketika alam kita lestari, kekayaan publik terjaga, para pelaku ekonomi-pun bisa terus tumbuh secara berkelanjutan. Sebaliknya juga terjadi, bila lingkungan tidak terjaga - ekonomi-pun tidak bisa tumbuh berkelanjutan.

Wakaf adalah menyisihkan sebagian kekayaan pribadi kita untuk menjadi kekayaan publik - yang manfaatnya untuk seluruh umat. Gerakan ini disosialisasikan oleh Green Waqf - Plant Tree, Safe Life. Kontak This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.